Senin, 09 Mei 2011

2 Gaun Putri Diana Terjual Rp 2,37 Miliar

foto
Sepasang gaun yang pernah dipakai mendiang Putri Diana terjual di sebuah tempat lelang di Beverly Hills, Amerika Serikat, dengan harga US$ 276 ribu (Rp 2,37 miliar)

Menurut Presiden dan CEO Julien's Auctions, Darren Julien, dua gaun tersebut disimpan di gudang dengan pengatur suhu 

udara sejak kematian Diana pada Agustus 1997. Gaun itu dilelang ke sebuah museum terkenal dengan harga US$ 144 ribu (Rp 1,23 miliar) dan US$132 ribu (Rp 1,13 miliar).

"Kami memiliki penawar dari seluruh dunia yang ikut berpartisipasi. Sungguh menyenangkan akhirnya gaun tersebut menjadi miliki sebuah museum yang akan memajangnya sehingga bisa diapresiasi khalayak," kata Julien.

Julien mengaku tidak bisa menyebutkan nama museum tersebut tanpa izin dari pihak museum.

Pakaian yang terjual US$ 144 ribu digambarkan sebagai gaun malam berwarna hitam yang digunakan Diana saat kunjungan kenegaraan pada 1992.

Putri Diana menggunakan gaun kedua yang terbuat dari kain sutera halus ke Festival Film Cannes pada 1987 dan di foto pada 1987 serta saat hadir di acara Miss Saigon di Theatre Royal di London.

Menurut Julien, dua gaun tersebut dilelang Diana untuk amal tiga bulan sebelum ia meninggal.

Pemilik gaun tersebut, WeTV and Wedding Central, memutuskan sudah saatnya itu dilelang bertepatan dengan pernikahan anak Putri Diana, Pangeran William, dengan Kate Middleton pada 29 April.

Hasil dari lelang gaun itu akan disalurkan ke salah satu yayasan amal yang didirikan Putri Diana.

Putri Diana yang menikahi Pangeran Charles pada 29 Juli 1981 meninggal setelah kecelakaan mobil di Paris pada 31 Agustus 1997.
TEMPO Interaktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar